Wednesday, February 10, 2010

Formula pada Google Pagerank

Sudah mulai rumit bukan, tunggu sampai anda melihat formula ini. Terlihat menakutkan bagi orang yang tidak suka matematika.
Pertama, biar saya jelaskan apa itu faktor damping. Faktor damping adalah jumlah PR anda yang bisa anda kirim saat anda melakukan vote / link ke site lain.
Faktor damping dikenal luas sebesar .85, ini sedikit lebih kecil dari page ter-link yang memiliki PR.
PR(A) = (1-d) + d(PR(t1)/C(t1) + ... + PR(tn)/C(tn))
Pada istilah layman, PR(A) berarti peningkatan Pagerank page A anda  akan didapat s
etelah ter-link dari site orang lain (t1).
PR(t1) adalah pagerank dari page yang ter-link pada anda dan C(t1) adalah jumlah total link yang dimiliki (t1).
Penting untuk diketahui bahwa voting dari sebuah page hanya bernilai .85 PR aktual PR dari page dan nilai voting ini tersebar secara merata antara site-site yang ter-link pada page tersebut.
Bayangkan http://www.akamarketing.com di-link oleh page link XYZ.COMyang punya PR 4 and 9 link lainnya, maka berdasarkan perhitungan formula tadi seharusnya:
PR(AKA) = (1-.85) + .85*(4/10)
PR(AKA) = .15 + .85*(.4)
PR(AKA) = .15 + .34
PR(AKA) = .49
Terjumlah bahwa site saya akan mendapat tambahan PR .49 setelah ter-link ke page dengan PR 4 dan punya 9 link site lainnya.
Katakanlah saya ter-link ke sebuah site dengan PR 8, dua kali dari jumlah sebelumnya, yang memiliki 15 link ke site lain, jadi totalnya ada 16 link keluar, penambahan yang saya dapat:
PR(AKA) = (1-.85) +.85*(8/16)
PR(AKA) = .15 + .85(.5)
PR(AKA) = .15 + .425
PR(AKA) = .575
Dua contoh kasus di atas memperlihatkan tidak hanya PR dari page ter-link yang penting tapi juga penting adalah berapa banyak site lainnya yang juga ter-link dari page tersebut.

No comments:

Post a Comment